Hirarki Indikator Pembangunan

Tata urutan kedalaman setiap Hirarki Nomenklatur Pembangunan akan menentukan hirarki indikatornya. dengan struktur bertingkatnya sebagai berikut:



Untuk memudahkan dalam penyusunan database ini maka manajemen database KPS akan berdasarkan Sasaran Prioritas, Program, Kegiatan (garis tebal). Hal ini disebabkan kategori data yang akan dibuat sangat besar sekali. Adapun definisi yang akan diterapkan untuk pemilihan dan pemilahan pada tiap-tiap hirarki indicator adalah sebagai berikut:


Besaran untuk Sasaran Prioritas ditandai oleh indikator impact (dampak). Suatu besaran akan didefinisikan sebagai indikator impact apabila besaran yang ada merupakan perwujudan pengaruh yang ditimbulkan (baik positif maupun negatif) oleh setiap tingkatan indikator outcome maupun indikator output berdasarkan asumsi yang telah ditetapkan.


Besaran untuk Program ditandai oleh indikator outcome (hasil). Suatu besaran akan didefinisikan sebagai indikator outcome apabila besaran yang ada merupakan perwujudan pencapaian hasil/manfaat dari beberapa output (keluaran).


Besaran untuk Kegiatan ditandai oleh indikator output (keluaran). Suatu besaran akan didefinisikan sebagai indikator output apabila besaran yang ada merupakan perwujudan suatu produk/jasa (fisik dan/atau non fisik) sebagai pencapaian hasil langsung dari pelaksanaan suatu kegiatan berdasarkan input yang telah dipergunakan.


--ooOOoo--

1 comment:

Silakan memberikan komentar: